Jum’ah Mubarak …
Suasana sore di rumah keluarga Ahmad tiba-tiba berubah sunyi. Ayahnya, yang sejak pagi terbaring lemah, kini mulai bernafas pendek-pendek. Di sekelilingnya terdengar lantunan Surat Yasin yang dibaca dengan suara lirih oleh anak-anaknya. “Laa ilaaha illallah…” — suara itu seperti gema yang memanggil sesuatu di antara langit dan bumi.
Beberapa menit kemudian, napas terakhir pun terhembus. Suasana hening. Tapi entah mengapa, di balik kesedihan, ada rasa damai yang tidak bisa dijelaskan. “Ayah meninggal di hari Jumat,” bisik seseorang. Ucapan itu meneteskan air mata, bukan hanya karena duka — tapi karena keyakinan: hari Jumat adalah hari penuh rahmat, bahkan untuk mereka yang meninggalkan dunia.
Kematian bukan akhir dari segalanya, melainkan pintu menuju perjalanan sejatinya kehidupan. Surat Yasin dalam Al-Qur’an, menggambarkan perjalanan ruh dari dunia menuju akhirat dengan penuh keindahan.
“Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang yang mati, dan Kami tuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan.”
(QS. Yasin: 12)
Ayat ini seolah berkata bahwa tak ada satu pun amal yang sia-sia. Semua langkah, kata, dan niat manusia tercatat dan tetap hidup meski tubuh telah tiada. Karena kematian bukanlah lenyapnya eksistensi manusia, tetapi transformasi menuju fase kehidupan yang lebih tinggi.”
Dalam dunia medis, kematian dimulai ketika fungsi vital tubuh berhenti total — otak kehilangan suplai oksigen, jantung berhenti berdetak, dan paru-paru tak lagi memompa udara. Fase menjelang kematian disebut agonal phase, ditandai dengan pernapasan yang terputus-putus, tubuh dingin, dan kesadaran memudar.
Dalam tafsir Ibn Katsir, dijelaskan bahwa pada saat inilah ruh mulai dicabut dari tubuh, sebuah proses yang bagi orang beriman terasa lembut seperti “air yang mengalir keluar dari kendi.” Sementara bagi orang ingkar pada Tuhannya, Rasulullah menggambarkannya seperti “besi berduri yang diseret dari kain basah.”
Fenomena pengalaman menjelang kematian (Near Death Experience) yang diteliti oleh dokter Bruce Greyson (University of Virginia) juga menunjukkan kesamaan luar biasa. Banyak pasien yang mati suri melaporkan “melihat cahaya”, “merasa damai”, bahkan “melihat tubuh sendiri dari atas.” Ilmu modern belum mampu menjelaskan hal ini sepenuhnya, tetapi diyakini sebagai kesadaran ruhani yang melampaui tubuh.
Imam Al-Ghazali membedakan antara ruh dan nafs (jiwa). Ruh, katanya, adalah sumber kehidupan, pancaran dari perintah Allah; sementara nafs adalah pusat kepribadian manusia, tempat bercampurnya dorongan, rasa, dan akal.
“Mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah: Ruh itu termasuk urusan Tuhanku.”
(QS. Al-Isra: 85)
Dalam kerangka psikologi modern, konsep ini sepadan dengan pemahaman bahwa manusia memiliki kesadaran spiritual yang tak bisa dijelaskan oleh jaringan otak semata. Neurosaintis Andrew Newberg dalam bukunya Neurotheology: How Science Can Enlighten Us About Spirituality (2018) menunjukkan bahwa doa dan dzikir menimbulkan sinkronisasi gelombang otak, memperkuat rasa kedamaian dan makna hidup.Fenomena ini menunjukkan bahwa dimensi spiritual bukan sekadar keyakinan, tetapi realitas biologis yang bisa diukur.
Bagi umat Islam, Jumat bukan sekadar hari ibadah pekanan, tetapi hari kosmik yang memiliki kedalaman spiritual luar biasa. Rasulullah ﷺ bersabda:
“Hari terbaik di mana matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan ke surga, dan diturunkan ke bumi.” (HR. Muslim)
Lebih dari itu, beliau juga bersabda:
“Tidaklah seorang Muslim meninggal pada hari atau malam Jumat, kecuali Allah lindungi ia dari fitnah kubur.”
(HR. Ahmad)
Hari Jumat menjadi titik resonansi ruhani, saat langit terbuka dan rahmat turun. Dalam pandangan para sufi seperti Ibn Arabi, Jumat adalah yaum al-tajalli — hari penyingkapan cahaya Ilahi. Ruh yang berpulang pada hari ini diyakini menyatu dengan energi rahmat, sehingga proses pencabutannya menjadi ringan, damai, dan penuh berkah.
Fenomena spiritual seperti ketenangan batin saat sholat dan berdoa dihari Jumat ternyata juga dapat dijelaskan secara ilmiah.
Penelitian Howard Koenig (Duke University, 2012) menunjukkan bahwa aktivitas ibadah kolektif didalam sholat jum’at mampu meningkatkan keseimbangan saraf otonom, menurunkan hormon stres, dan meningkatkan hormon serotonin — zat kimia yang memunculkan rasa damai. Maka hari Jumat merupakan momentum harmoni antara tubuh, jiwa, dan ruh. Getaran doa, dzikir, dan khutbah menjadi resonansi spiritual yang selaras dengan frekuensi rahmat kosmis yang turun di hari itu.
Ulama seperti Syekh Nawawi al-Bantani dalam Nihayatuz Zain menjelaskan bahwa kematian di hari Jumat adalah karomah (kemuliaan) bagi seorang mukmin. Sebab, hari itu menjadi gerbang pengampunan dan pintu penyambutan ruh dengan rahmat. Ketika ruh seseorang dicabut maka ia berpindah dari dunia fisik ke alam barzakh. Dengan kondisi yang dinaungi cahaya keberkahan atau bahkan sebaliknya. Semoga kematian yang sering dianggap menakutkan pun berubah menjadi proses kepulangan yang lembut dan agung.
Mengapa Surat Yasin begitu sering dibacakan pada malam Jumat dan di sisi orang sekarat? .. Tafsir Al-Qurthubi menyebut bahwa bacaan Yasin membuka pintu-pintu ketenangan bagi ruh, serta menyambungkan antara dunia manusia dan dunia barzakh. Ayat-ayat Yasin yang berbicara tentang kebangkitan dan kekuasaan Allah menciptakan suasana sinkronisasi spiritualantara yang hidup dan yang akan berpulang.
“Dan ditiuplah sangkakala, maka tiba-tiba mereka keluar dari kuburnya menuju kepada Tuhan mereka.”
(QS. Yasin: 51)
Ayat ini bukan hanya menggambarkan hari kebangkitan, tetapi juga mengingatkan bahwa setiap ruh suatu saat akan “dibangunkan” dari tidur panjangnya.
Kematian Sebagai Cahaya
Kematian bukanlah akhir. Ia hanyalah jembatan menuju keabadian. Manusia bukan sekadar tubuh yang hidup, tetapi ruh yang mencari jalan pulang. Ketika seseorang meninggal di hari Jumat, seolah alam semesta bersepakat untuk menyambutnya dengan damai. Langit terbuka, bumi tenang, dan malaikat datang membawa cahaya. Ia pulang, bukan sebagai makhluk yang kalah oleh waktu, melainkan sebagai jiwa yang dipanggil pulang oleh kasih Tuhannya.
“Maka Maha Suci Allah yang di tangan-Nya kekuasaan atas segala sesuatu, dan kepada-Nya kamu dikembalikan.”
(QS. Yasin: 83)


Tinggalkan Balasan